10 Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Alpukat Alpukat adalah buah terkenal karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang aman untuk kesehatan Anda. Selain lemak yang baik di dalamnya, alpukat juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan K serta karbohidrat, protein, folat dan magnesium. Jadi, apa saja manfaat alpukat yang bisa Anda dapatkan?

10 Manfaat Buah Alpukat
10 Manfaat Buah Alpukat

10 Manfaat Buah Alpukat

Berikut adalah properti alpukat yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

1. Tingkatkan kolesterol baik

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Meskipun manfaat alpukat dapat diperoleh dari kandungan lemak yang baik di dalamnya, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.

Alpukat kaya akan sterol, senyawa yang terbukti menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Manfaat alpukat juga dikemas dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, dan seng. Selain itu, sifat-sifat alpukat lain juga terpengaruh karena kandungan kalium di dalamnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat alpukat, terutama orang dewasa yang mengkonsumsinya, cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Orang yang mengonsumsi alpukat biasanya memiliki pola makan sehat, seperti rajin mengonsumsi sayuran dan diet rendah gula.

Ini memengaruhi stabilitas berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Manfaat alpukat juga baik untuk sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko diabetes.

3. Jaga gula darah stabil

Manfaat selanjutnya dari alpukat adalah kemampuannya untuk menstabilkan kadar gula darah untuk membantu melawan resistensi insulin. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi setengah alpukat saat makan siang dilaporkan merasa kenyang lebih lama, dan keinginan untuk makan lebih sedikit sesudahnya.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lemak tak jenuh dalam alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung lebih baik daripada hanya mengurangi asupan lemak.

Dengan mengadopsi diet yang menekankan lemak tak jenuh tunggal, efektif dalam mencegah sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan masalah jantung dan stroke.

5. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat alpukat jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, alpukat bermanfaat untuk menguatkan rambut Anda. Bagaimana cara menggunakannya? Campur alpukat yang sudah dikupas dengan minyak jojoba.

Kemudian, oleskan ke rambut yang baru dicuci secara merata ke seluruh bagian rambut. Tutupi kepala Anda dengan shower cap selama 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat alpukat maksimum. Setelah itu, bilas sampai bersih.

6. Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat alpukat dipercaya dapat membantu mencegah kanker. Manfaat alpukat di sini bekerja dengan mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Bahkan, penelitian lain mengatakan, ekstrak alpukat telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dalam sel yang terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin terjadi pada manusia.

7. Meringankan gejala radang sendi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak alpukat dan minyak kedelai yang disebut Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) dapat mengurangi osteoartritis. Campuran kedua bahan ini diklaim dapat mengurangi rasa sakit dan umumnya berdampak positif pada mereka yang menderita osteoartritis. Pada akhirnya, manfaat alpukat untuk pengobatan adalah kemampuan mengatasi radang sendi hingga kekakuan tulang.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang menjalankan program penurunan berat badan, salah satu asupan bagus yang Anda konsumsi adalah alpukat. Manfaat alpukat yang bisa didapat adalah membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Memasukkan alpukat dalam diet Anda dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori secara alami dan memudahkan Anda untuk tetap berpegang pada kebiasaan makan yang sehat.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat tinggi dengan kandungan karbohidrat rendah, yang merupakan sesuatu yang baik bagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan.

9. Meningkatkan fungsi kognitif

Menurut sebuah penelitian, manfaat alpukat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang berusia lanjut. Konsumsi alpukat akan meningkatkan kadar lutein dalam tubuh. Peningkatan kadar lutein berdampak pada peningkatan kemampuan ingatan seseorang.

10. Menjaga kesehatan mata

Manfaat alpukat bermanfaat untuk kesehatan mata karena mengandung antioksidan kuat (lutein dan zeaxanthin). Selain kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, khasiat alpukat juga meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan alpukat pada akhirnya akan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula secara drastis, terutama mereka yang berusia lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *