10 Manfaat Buah Cempedak Bagi Tubuh

Mendengar nama ‘cempedak’, pikiran kita langsung fokus pada satu buah yang sekilas mirip dengan nangka, tetapi berbeda dalam rasa dan aroma yang khas. Buah cempedak sudah tidak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia, mengingat buah dengan daging kuning adalah buah endemik Asia Tenggara. Cempedak memiliki banyak manfaat. Apa manfaat buah cempedak?

10 Manfaat Buah Cempedak Bagi Tubuh
10 Manfaat Buah Cempedak Bagi Tubuh

10 Manfaat Buah Cempedak Bagi Tubuh

Siapa sangka, buah cempedak memiliki segudang manfaat tak terduga untuk kesehatan. Sebelum Anda mengkonsumsi cempedak, ketahui dulu manfaat buah cempedak berikut ini.

1. Merawat Fungsi Mata

Ketika berbicara tentang makanan yang baik untuk kesehatan mata, kebanyakan dari kita langsung memikirkan wortel. Padahal, wortel bukan satu-satunya makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengobati fungsi mata.

Buah cempedak adalah salah satu dari banyak sumber alternatif vitamin A, vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

2. Merawat Tulang dan Gigi

Selain vitamin, buah cempedak mengandung mineral seperti fosfor dan kalium. Kedua mineral tersebut kemudian menghasilkan khasiat buah cempedak untuk mengobati tulang dan gigi, sekaligus mencegahnya dari sejumlah masalah kesehatan.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah cempedak adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah cempedak kemudian menghasilkan khasiat buah cempedak untuk melancarkan sistem pencernaan.

Seperti yang kita ketahui, salah satu manfaat vitamin C adalah menjaga fungsi sistem pencernaan. Jadi, Anda harus mengonsumsi buah ini secara teratur agar Anda terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti diare dan sulit buang air besar (sembelit).

4. Tingkatkan Asupan Cairan

Tubuh kita benar-benar membutuhkan cairan agar tetap bugar dan semua organ dapat berfungsi dengan baik.

Buah cempedak adalah sumber utama cairan yang bisa Anda jadikan alternatif untuk menambah asupan cairan bagi tubuh. Fakta bahwa cempedak juga ‘membutuhkan’ cairan untuk tumbuh secara optimal di daerah tropis membuat buah ini memiliki kandungan cairan yang cukup tinggi.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan yang lemah menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh adalah suatu keharusan jika Anda tidak ingin ‘sakit sesekali’.

Buah cempedak diperkaya dengan senyawa bioflavonoid. Senyawa ini anticosidan dan memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan mengusir serangan radikal bebas.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat buah cempedak tidak hanya terletak pada daging buahnya, tetapi juga biji cempedak. Khasiat kresek melalui biji, antara lain untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Ini karena biji cempedak – yang biasanya digunakan sebagai tepung – diperkaya oleh protein, di mana protein sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

7. Menambah Berat Badan

Masih terkait dengan kandungan protein buah cempedak, keberadaan zat ini menghasilkan khasiat buah cempedak untuk menambah berat badan dan massa otot. Jadi, bagi Anda yang merasa bahwa berat badan mereka tidak ideal, dalam hal ini bukan ‘gemuk’, tambahkan ke daftar sehat setiap hari, ya.

8. Mengurangi Kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh dapat memicu sejumlah komplikasi, termasuk penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung yang dapat mengancam jiwa.

Selain mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah cempedak. Manfaat buah cempedak untuk mengurangi kolesterol dihasilkan dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C berperan penting untuk mengurangi kadar LDL, dan sebaliknya meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

9. Mencegah Tumor

Kandungan bioflavonoid dalam buah cempedak juga oleh sejumlah ahli medis diklaim efektif dalam mencegah dan mengobati penyakit tumor, lho.

Meski begitu, ahli medis lainnya masih belum setuju dengan klaim kemanjuran buah cempedak yang satu ini. Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengonsumsi buah cempedak untuk menghindari risiko penyakit tumor, bukan?

10. Mengobati Malaria

Malaria adalah penyakit virus yang dibawa oleh nyamuk anopheles dan kasusnya sering terjadi di Indonesia. Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda menderita malaria, maka salah satu cara alami untuk mengobati malaria yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah cempedak.

Khasiat buah cempedak untuk mengobati malaria kembali karena adanya senyawa bioflavonoid yang terkandung dalam buah tropis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *