Manfaat Buah Bisbul Si Mentega

Satu lagi jenis buah yang namanya mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Ini adalah buah yang berliku-liku, buah yang juga dijuluki ‘buah mentega’. Buah ini jarang ditemukan di Indonesia. Tetapi jika Anda menemukannya, Anda tidak harus menyia-nyiakan kesempatan untuk mengkonsumsinya. Mengapa? Karena faktanya, manfaat bisbul tidak kalah dengan jenis buah lainnya. Apa pun?

Manfaat Buah Bisbul Si Mentega
Manfaat Buah Bisbul Si Mentega

Manfaat Buah Bisbul Si Mentega

Anda tentu sering mendengar atau membaca manfaat zat yang disebutkan di atas, bukan? Nah, mengonsumsi buah bisbul juga akan membawa manfaat ini ke dalam tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat bisbul yang bisa didapat jika dikonsumsi secara teratur.

1. Menjaga Sistem Pencernaan yang Sehat

Manfaat pertama bisbul adalah memelihara sistem pencernaan yang sehat. Kandungan serat dalam buah yang lebih dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai ‘Sembolo’ menjadi penghasil manfaat bisbul ini.

Seperti diketahui, serat adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari untuk memperlancar kinerja sistem pencernaan. Kurangnya asupan serat ke dalam tubuh memengaruhi munculnya sejumlah masalah, seperti sembelit. Di Filipina, negara asal buah ini, bisbul telah turun temurun bahkan digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit diare.

2. Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi dalam buah bisbul menghasilkan buah bisbul untuk mempercepat produksi dan sirkulasi darah. Seperti kita ketahui, zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah, juga membantu kelancaran sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Bagi Anda yang memiliki kelainan sirkulasi darah, makan bisbul sangat dianjurkan untuk mengatasi hal ini, tentu saja seimbang dengan sumber makanan besi lainnya juga, ya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit harus memiliki sistem autoimun yang baik. Meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi bisbul.

Manfaat bisbul untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena ‘saudara-saudara’ kesemak diperkaya dengan vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini memang salah satu fungsinya adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat dan menarik tentu menjadi dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Namun, ini tidak akan terwujud jika tidak ada upaya untuk merawat kesehatan kulit, apakah itu dengan makan makanan bergizi atau mengubah gaya hidup.

Makan bisbul adalah salah satu cara mudah namun efektif yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari sejumlah masalah seperti jerawat, kulit kering, atau gejala penuaan dini. Manfaat bisbul adalah karena vitamin C yang dikandungnya memiliki sifat antioksidan.

Masalah dengan kulit umumnya disebabkan oleh kerusakan sel-sel kulit akibat serangan radikal bebas. Oleh karena itu, tidak salah untuk mengatakan bahwa buah bisbul ini efektif dalam mengatasi masalah kulit karena adanya antioksidan yang fungsi utamanya adalah untuk menangkal serangan radikal bebas.

5. Meminimalkan Risiko Kanker

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah bisbul membawa manfaat lebih besar bagi kesehatan tubuh, yang meminimalkan risiko terkena kanker mematikan.

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh sebagai akibat dari serangan radikal bebas. Manfaat bisbul melalui zat antioksidannya tentu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Merawat Kesehatan Tulang

Berfungsi sebagai penunjang tubuh, kesehatan tulang tentu saja harus dijaga agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama untuk usia anak-anak di mana tulang mengalami masa pertumbuhan.

Kalsium dan fosfor adalah 2 (dua) jenis mineral yang memiliki peran penting dalam pembentukan dan perawatan tulang. Kedua mineral ini bisa Anda dapatkan dari bisbul salah satunya. Menambahkan buah bisbul ke daftar buah yang dikonsumsi setiap hari sangat dianjurkan jika Anda dan bayi Anda ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *