Manfaat Buah Blackberry yang Tidak dapat dinafikan

Buah Blackberry memiliki rasa asam manis dan enak dikonsumsi langsung atau setelah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Meskipun rasanya sedikit lebih pahit daripada blueberry, tetapi prestise buah ini juga tidak kalah, lho. Selain itu, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak manfaat kesehatan dari blackberry? Lihatlah ulasan berikut!

Manfaat Buah Blackberry yang Tidak dapat dinafikan
Manfaat Buah Blackberry yang Tidak dapat dinafikan

Manfaat Buah Blackberry yang Tidak dapat dinafikan

Buah Blackberry memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Ini membuat buah Blackberry buah yang ideal dan sehat untuk konsumsi sehari-hari. Berikut adalah berbagai manfaat blackberry bagi tubuh!

1. Menghaluskan pencernaan

Konsumsi blackberry setiap hari dapat membantu melancarkan pencernaan.

Satu cup blackberry dapat memenuhi kebutuhan serat Anda hingga 31%, jumlah ini tentunya tidak sedikit. Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan agar saluran pencernaan dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi blackberry dapat menghindarkan Anda dari masalah seperti sembelit.

2. Baik untuk penderita diabetes

Buah Blackberry adalah buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan karbohidrat dalam blackberry cukup rendah. Selain itu, blackberry memiliki tingkat GI 25, yang merupakan angka aman bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam blackberry juga dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah.

3. Kontrol kadar kolesterol

Manfaat buah blackberry selanjutnya adalah mengontrol kadar kolesterol.

Selain tidak memiliki kandungan kolesterol, blackberry juga dapat membantu memperlambat penyerapan lemak ke dalam darah. Manfaat blackberry satu ini masih berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

4. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi buah-buahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi tentu saja tidak semua jenis buah-buahan dapat membantu diet untuk menurunkan berat badan.

Blackberry dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikonsumsi saat Anda ingin menurunkan berat badan. Selain rasanya yang lezat dan nutrisi yang kaya, blackberry juga rendah kalori dan juga kaya serat sehingga sangat baik untuk menjadi buah pilihan saat program penurunan berat badan.

5. Mencegah osteoporosis

Manfaat blackberry lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan juga mencegah osteoporosis.

Kandungan vitamin K sangat berperan penting dalam metabolisme tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Buah blackberry juga memiliki kandungan mangan yang tinggi. Mineral satu ini memiliki peranan penting dalam formasi kolagen, yang merupakan protein penting penyusun tulang, kulit, hingga otot dan sendi.

6. Normalisasi pembekuan darah

Selain bermanfaat untuk metabolisme tulang, vitamin K juga memiliki peran yang sangat penting dalam pembekuan darah.

Kurangnya asupan vitamin K dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mudah memar, pendarahan hebat saat menstruasi, hingga adanya darah di tinja dan urin. Manfaat blackberry adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin K. Satu porsi blackberry mengandung 29 mcg vitamin K yang dapat memenuhi hampir sepertiga dari kebutuhan vitamin K harian.

7. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat lain dari blackberry yang tidak boleh dilewatkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan mulut.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak blackberry memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi terhadap beberapa jenis bakteri yang dapat memicu penyakit mulut. Ekstrak Blackberry dipercaya membantu mengendalikan penyakit gusi dan gigi berlubang.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi dalam blackberry membuat buah yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dalam blackberry bisa bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *