Manfaat Buah Langsat, Baik untuk Kulit

Buah langsat adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Buah seperti duku tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Ayo, kenali lebih banyak tentang buah langsat dan berbagai manfaat langsat untuk tubuh berikut ini!

Manfaat Buah Langsat, Baik untuk Kulit
Manfaat Buah Langsat, Baik untuk Kulit

Manfaat Buah Langsat, Baik untuk Kulit

Berikut adalah 6 kesan sampingan yang tidak dijangka!

1. Sumber serat alami

Serat adalah salah satu nutrisi terpenting untuk mendukung sistem pencernaan.

Berkat kandungan serat yang tinggi dalam buah langsat, banyak yang percaya bahwa salah satu manfaat dari langsat adalah dapat membantu mengatasi gejala atau mencegah sembelit. Setiap 100 gram langsat mengandung 2 gram serat, jumlah ini dapat memenuhi 8-11% kebutuhan serat pada wanita dan 6-8% kebutuhan serat untuk pria.

2. Membantu mengontrol berat badan

Manfaat kedua dari buah zaitun adalah dapat membantu mengontrol berat badan.

Langsat dapat menjadi salah satu pilihan untuk konsumsi ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Manfaat langsat satu juga masih terkait dengan kandungan serat yang tinggi di langsat. Buah yang satu ini juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan manfaat langsat untuk diet untuk menurunkan berat badan, tetap perhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Harap dicatat bahwa 100 gram langsat mengandung sekitar 57 kilogram kalori, jumlah kalori lebih rendah dari buah duku.

3. Mencegah diabetes

Sebenarnya tidak ada manfaat langsung dari langsat untuk diabetes, tetapi buah langsat adalah buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Fakta bahwa langsat mengandung serat tinggi dan mampu mengendalikan berat badan juga memungkinkan langsat sebagai buah yang baik untuk mencegah diabetes. Seperti kita ketahui bahwa obesitas adalah salah satu faktor risiko utama diabetes.

4. Mengontrol kadar kolesterol

Seperti yang disebutkan sebelumnya, langsat tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, dan langsat diyakini dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan serat yang tinggi, terutama serat yang larut dalam air, efektif dalam membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat ini akan menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

5. Membantu menjaga metabolisme tubuh

Buah langsat adalah sumber vitamin B kompleks mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, hingga folat.

Vitamin B kompleks memiliki peran dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. Selain itu, vitamin B2 yang cukup tinggi dalam buah langsat juga diyakini bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

6. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat langsat selanjutnya adalah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung.

Langsat dapat membantu mengendalikan kolesterol, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam buah langsat juga dipercaya membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *