Manfaat Buah Lutes untuk Kesehatan bagi Kesehatan

Meski jarang mengkonsumsinya, nama harpa mungkin tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Ya, kecapi atau dikenal juga dengan buah sentul adalah buah yang jarang ditemukan. Padahal, harpa adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Jadi, apa manfaat harpa bagi kesehatan fisik?

Manfaat Buah Lutes untuk Kesehatan bagi Kesehatan
Manfaat Buah Lutes untuk Kesehatan bagi Kesehatan

Manfaat Buah Lutes untuk Kesehatan bagi Kesehatan

Harpa, yang merupakan buah asli Betawi, sekarang jarang ditemukan. Penduduk asli Betawi jarang menanam buah yang berkulit keras (harus dibanting atau dijepit).

Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menemukan buah ini sama sekali. Harpa masih dapat ditemukan di beberapa penjual buah. Jika nanti Anda ‘berhasil’ menemukan penjual buah yang menjual harpa, maka jangan ragu untuk membelinya. Alasannya, buah ini memiliki sejumlah manfaat tak terduga, lho.

Berikut ini adalah manfaat harpa untuk kesehatan fisik yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Daya Tahan

Tubuh yang sehat dan bebas penyakit harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Dari semua cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengkonsumsi sitar adalah salah satunya. Manfaat kecapi ini dihasilkan oleh kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dalam tubuh terdiri dari 2 (dua), yaitu lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol “baik”, dan lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol “jahat”. Jika HDL dibutuhkan oleh tubuh, maka yang terjadi di LDL adalah kebalikannya.

Kolesterol “jahat” atau LDL sebenarnya adalah “musuh” bagi tubuh, karena kolesterol jenis ini berpotensi menyebabkan penumpukan lemak yang mengakibatkan aliran darah tersumbat, yang mengakibatkan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Manfaat kecapi untuk mengurangi kolesterol jahat sebenarnya dihasilkan oleh kandungan serat dan senyawa yang disebut pektin.

3. Mengontrol Gula Darah

Kecapi memiliki rasa manis. Namun yang menarik, sitar memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini membuat harpa aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi, khasiat kecapi juga termasuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

4. Hindari Alzheimer

Kehadiran antioksidan dalam harpa juga menghasilkan manfaat harpa untuk menghindari penyakit fungsi otak seperti Alzheimer. Namun, ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat, karena penyakit Alzheimer juga sedikit banyak dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

5. Hindari Osteoporosis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sitar diperkaya dengan kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat baik untuk merawat kesehatan tulang dan menghindari keropos tulang (osteoporosis).

Selain itu, kalsium dan fosfor juga efektif dalam merawat kesehatan gigi, termasuk menjaga enamel gigi agar tetap sehat.

6. Merawat kesehatan usus

Khasiat sitar yang tak kalah hebatnya adalah menjaga fungsi usus sehat dengan membantu perkembangan bakteri baik di usus. Konsumsilah kecapi secara teratur, maka Anda akan terhindar dari berbagai gangguan usus.

7. Mengatasi Sembelit

Masih tentang manfaat harpa untuk sistem pencernaan, kandungan serat dari sitar juga efektif dalam mengatasi masalah sembelit (BAB) yang mungkin sering Anda alami.

Serat dalam sitar efektif dalam mengubah tekstur tinja dari sebelumnya keras menjadi lunak, sehingga mudah untuk dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *